Situasi Ketika Diam adalah Emas !

Dari soGun
Salam, komentar, request..
  ajung.krisna84 ~ " Yuhuuuu stay tune di radioguntur.com "        culturepekalongankab ~ " Dari Bidang Kebudayaan Dindikbud Kab. Pekalongan nih Kak... streaming radio seru dengan lagu keren2. salam hangat dan Penuh Cinta dari Pekalongan untuk semua saja yang sdg konsenin Guntur FM Bali. Terimakasih... request Lagunya WARNA yang SINARAN. "        denidinatha12 ~ " salam sama kak safa "        ayunitasw ~ " Hallo Nila... request lagu dong remember of today - pergi hilang dan lupakan... Salam yaaa untuk nila aja supaya semangat siarannya dan jangan lupa makan siang, maju selalu radio guntur "        baskara4567 ~ " Request lagu~ Taylor Swift - New Romantics "        itakiko187 ~ " halo kak nita,, saya ita ni dari banyuasri,, mau kirim2 salam ni buat semua pendengar guntur dan keluarga aku,, kak coba bahas fakta tentang ular kak,, makasi "        dewayogi14 ~ " hai natya tonight has been a wonderful night for you 😃😁 aku mau request lagu dong yang terbaik bagimu (gita gutawa). lagu ini untuk kakak peenyiar yg lagi di rantauan jauh sama ortu semangat terus ya👏👏 "        odivpratama15 ~ " selamat pagi, buat kamu yang disana tetep semangat jalanin hari”mu, dan semoga apapun yang kamu lakuin disetiap harinya selalu dilancarin sama Tuhan, aku percaya semangatmu gaakan pernah padam, goodluck🫶🏻 "     
by natyaiswarii.
~

Situasi Ketika Diam adalah Emas !
Article on radioguntur.com a Radio Online Bali and one fine Radio Online Indonesia.

Nasihat bijak "diam itu emas" nampaknya sudah gak asing lagi di telinga kita. Acap kali karena larutnya dalam sebuah situasi, lalu ditambah emosi yang tak terkontrol, agaknya kita tidak sadar kalau menutup mulut itu sejatinya solusi dari persoalan itu sendiri. Ya, di dalam beberapa situasi, diam memang perlu adanya supaya apa yang sedang terjadi tidak semakin menimbulkan urusan baru. Lantas, kira-kira kapan sih pepatah "diam itu emas" boleh kita terapkan? Yuk simak ulasannya disini !

Jika Kata-Kata yang Diucapkan Justru Menyakiti Perasaan Orang Lain

Melansir dari Creative Healthy Family, kita perlu menyadari jika kata-kata yang kita ucapkan justru berpotensi akan menyakiti seseorang, maka tidak ada manfaatnya kita berbicara, sehingga ada baiknya kita tetap diam. If we tried to be in their shoes, how would we feel?

Jangan Menyebarkan Berita yang Belum Diketahui Kebenarannya

“Tahu, nggak, sih, kalau..” kalimat yang pasti sudah sering sekali kita dengar, bukan? Di era serba digital ini memang lebih mudah untuk menyebarluaskan informasi yang salah atau bahkan hoax. Nah, sebaiknya jika memang kita tidak mendengarnya langsung dari orang bersangkutan, tidak melihatnya dan mengklarifikasinya secara langsung, sebaiknya jangan disebarluaskan. Baiknya tetaplah diam, biarkan hal itu berhenti di kita, ya, Sogun!.

Ketika kamu tidak mengetahui duduk persoalannya

Tidak semua perkara bisa kamu ikut campuri. Meskipun kamu tahu keadaannya genting dan mengharuskanmu untuk turun tangan. Tetaplah diam bila kamu memang tidak memahami duduk permasalahannya. Ketimbang ikut-ikutan berbicara, lebih baik tenangkan dulu emosimu. Tunggu hingga situasinya terkendali, coba gali lagi seperti apa permasalahannya. Setelah itu, baru putuskan apakah kamu layak untuk berbicara?

Saat orang-orang di lingkunganmu sedang dalam kesibukan

Sah-sah saja jika kamu terbiasa ramah dengan orang lain dalam hal apapun. Namun, pas banyak orang yang sibuk kamu jangan sekali-kali coba membicarakan hal-hal gak penting alih-alih mencairkan suasana.Mungkin bagimu perilaku tersebut lumrah. Tapi akibatnya, bisa saja orang yang ada di sekelilingmu malah merasa risih. Karena pada saat sedang disibukkan banyak urusan, mereka ingin fokus sehingga pekerjaan segera terselesaikan. Barangkali gak hanya terkesan garing, yang ada kamu juga akan mendapat teguran bila tak memilih diam.

Lebih baik diam bila nyatanya perkataanmu tidak membawa manfaat

Beropini itu hak setiap orang. Usahakan kalimat yang kamu keluarkan berfaedah dan membawa hal-hal positif untuk sekelilingmu. Kerap terjadi, gak ada maksud untuk melukai seseorang, namun gak sengaja ucapanmu malah membuat orang sakit hati. Kok bisa, sih? Mungkin kamu gak sadar kalau akhirnya pernyataanmu bisa berakhir seperti itu. Maksudmu baik, ingin iseng-iseng menanggapi suatu hal dengan maksud basa-basi. Tapi kalau situasinya sedang tak memungkinkan, untuk apa menanggapi sesuatu hal yang belum tentu ada manfaatnya. Iya deh, kalau nantinya bakal dimaklumi, gimana jika berlawanan? Ya sudahlah, lebih baik diam, ya.

Saat Marah

Melansir dari Teen Vogue, saat kita sedang merasa sensitif, kita mungkin sedikit jadi tidak rasional. Kritik yang bagaimana pun, tidak peduli seberapa logis atau mempunyai maksud yang baik akan tetap menimbulkan rasa benci, karena yang dibutuhkan bukanlah respons umpan balik, tetapi divalidasi. Tidak mau, kan, sampai membuat hal-hal yang mulanya baik saja menjadi rumit karena kita sedang merasa marah? Namun bukan berarti kamu tidak bisa menyampaikan apa yang tidak berkenan bagimu. Kamu perlu mengelola marahmu dulu menjadi lebih tenang adalah yang terpenting, Sogun.

Pada saat orang lain sedang menyatakan hal penting

Kalimat "diam itu emas" juga berlaku saat kamu sedang dalam pertemuan atau acara penting. Di mana akan ada hal-hal serius yang diutarakan. Jadilah pendengar yang baik. Pahami apa yang sedang dibicarakan. Hargailah mereka yang telah berusaha menyampaikan sesuatu. Jikalau memang ada yang ingin kamu ungkapkan, tunggulah hingga orang tersebut selesai bicara. Toh, nanti pada akhirnya pasti akan ada kesempatan untukmu berpendapat.

Diam juga sebaiknya diterapkan bilamana kamu sedang merencanakan sesuatu

Hidup itu harus punya rencana. Tapi tidak semua rencana harus kamu utarakan pada orang lain. Terutama bila itu menyangkut kehidupan pribadimu. Lebih baik rahasiakan saja dulu agar semuanya berjalan sesuai dengan keinginanmu. Membicarakan planning kepada orang lain tidak selamanya berakhir baik. Karena kamu pun tidak pernah tahu isi hati orang lain. Apakah mereka turut senang dengan yang kamu rencanakan atau sebaliknya. Tuntaskan yang sedang kamu perjuangkan hingga nanti tiba waktunya untuk bisa terbuka.

Sesuatu yang belum pasti sebaiknya disikapi dengan diam

Apakah kamu termasuk sering menerima informasi yang belum jelas kebenarannya? Bila begitu, cobalah untuk bijaksana dalam menanggapinya. Informasi yang belum berdasar tidak seharusnya disampaikan kepada orang lain. Cukup ditampung, sebab sesuatu yang belum tentu kebenarannya itu bisa jadi fitnah, lho, yang mana bisa merugikan orang lain. Gak cuma sampai di situ, kamu juga akhirnya akan sulit dipercaya bila nantinya kabar tersebut keliru.

Ketika akan Memberikan Ide

Di dunia pekerjaan juga ada berbagai situasi di mana kita lebih baik diam, salah satunya saat ingin menyampaikan ide. Masih dari Teen Vogue, misalnya Sogun memiliki ide tertentu, hal ini perlu dipikirkan dengan matang mengenai apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Jika baru sampai di tahap ide, hal itu bukan masalah. Tetap nikmatilah momen “pencarian jawaban” ini daripada sudah mengutarakan pada atasan dan diberi berbagai pertanyaan, namun kita belum memiliki jawaban-jawabannya.

Saat Ingin Menceritakan Keberhasilan

Meski mungkin Beauties memiliki niat yang baik dan ingin berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat, namun, kabar bahagia yang akan kita ceritakan bisa saja memicu kecemburuan dari lawan bicara. Tidak semua orang merasa senang melihat kita “menang”. Hal ini adalah sesuatu yang wajar terjadi dan sulit dihindari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak terlalu menunjukkannya. Kita bisa tetap menikmati keberhasilan atau kemenangan kita, namun, usahakan untuk tetap rendah hati, terus melakukan yang terbaik untuk mencapai target, and let every success that we achieve speaks for itself, Sogun!

Ada kalanya kita untuk berbicara, ada juga waktu di mana sebaiknya kita diam. Gak cuma lagi di perpustakaan, "diam itu emas" bisa kamu amalkan pada situasi tersebut. Mulai sekarang, yuk, berlatih bijak dalam berbicara!

Sumber : idntimes.com

Artikel yang mungkin kamu suka..
Tips Investasi Ala Spesialis Keuangan, Felicia Putri Tjiasaka
by lisapdamayan

Src. from idntimes.com
Rekomendasi
Mungkin kamu suka
Rekomendasi Indie
Yang mungkin kamu [juga] suka

Warungkustik
shorts

Berita Musik terbaru
Iwan Fals
Iwan Fals Rilis Album Baru!
2 hari yang lalu ~ 12 Juni 2024
One Ok Rock
ONE OK ROCK Akan Merilis Lagu Baru 'Delusional: All'
3 hari yang lalu ~ 11 Juni 2024

© 2019 radioguntur.com